Thursday, 11 January 2018

Bingung Pilih Gendongan Anak Terbaik? Kenali Gendongan Bayi Nyaman Berikut Ini

Bagi seorang ibu, menggendong bayi dipercaya tak hanya bisa membuat bayi bahagia, tapi juga membuat sang ibu merasa dekat dengan si kecil. Tapi, kalau menggendong bayi untuk waktu yang lama tentu bisa memicu pegal-pegal dan kelelahan. Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda harus mencari gendongan anak yang nyaman sebagai alternatif selain stroller dan bouncer.
Ada beragam model gendongan bayi yang populer di masyarakat. Mulai dari gendongan pakai jarit biasa, model sling, wrap hingga carrier. Semua tipe gendongan bayi tersebut bertujuan untuk memudahkan ibu menyusui dan memberikan kenyamanan bagi bayi dan ibu. Namun, masing-masing tipe gendongan juga memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga Anda harus memilih yang paling nyaman.

gendongan anak dan bayi


  1. Gendongan Selendang Jarit, Jarik atau Batik
Gendongan ini telah menjadi favorit sejak zaman dahulu serta menjadi tipe gendongan yang paling banyak dipakai hingga saat ini. Biasanya kain selendang yang digunakan adalah kain bermotif batik. Meski kainnya tipis, namun selendang ini kuat dan tidak membuat gerah saat dipakai.
Sekarang, selendang kain ini sudah berevolusi dan tidak hanya kain bermotif batik, namun sudah tersedia dalam beragam warna dan bentuk menarik. Sayangnya, meski mudah dipakai, kain selendang ini memiliki kelemahan, yakni mudah membuat pegal dan lelah karena beban hanya bertumpu pada satu pundak saja.
  1. Gendongan Sling
Gendongan sling ini cocok dipakai untuk menggendong bayi yang belum bisa menyangga kepalanya sendiri atau dengan bobot maksimal 18 kg dan berusia sejak lahir hingga 3 tahun. Gendongan bayi ini umumnya terbuat dari kain katun dan bentuknya mirip dengan cukin selendang zaman dahulu. Anda bisa menggendong bayi dalam berbagai posisi dan menempatkannya di samping atau di depan tubuh.
Ketika menggunakan gendongan ini, Anda bisa memasukkan bayi ke dalamnya dengan mudah bahkan saat bayi sedang tidur pulas. Seperti gendongan jarik, gendongan ini juga tak baik bila digunakan dalam jangka waktu lama karena bisa bikin pegal pemakainya. Tekstur kain yang licin juga cukup berbahaya bagi bayi.
  1. Gendongan Wrap
Gendongan wrap menjadi gendongan yang ngetrend saat ini. Kainnya lentur, panjang (sekitar 5 meter) dan bisa dibentuk macam-macam. Karena kainnya lentur, maka bentuknya akan mengikuti bentuk tubuh bayi sehingga bayi terasa nyaman dan hangat.
Dibandingkan dengan model gendongan lain, gendongan wrap lebih nyaman dan tidak membuat pegal karena beban terdistribusi dengan seimbang. Kekurangan dari model gendongan ini biasanya sering melorot jika terlalu lama dipakai sehingga ibu harus sering-sering memperbaiki lilitan gendongan.
  1. Gendongan Carrier
Gendongan Carrier bisa dianggap sebagai gendongan bayi paling nyaman saat ini. Gendongan ini bisa dipakai bagi newborn hingga toddler bahkan hingga si kecil berbobot 20kg. Gendongan carrier berkualitas tinggi biasanya menyediakan tempat untuk menyimpan koin, penyangga kaki bayi, penyangga punggung yang tinggi dan tetheer pad di samping pundak untuk bahan gigit-gigit bayi.

Kualitas dan harga gendongan bayi nyaman seperti di atas bisa dikatakan sebanding. Ada harga ada rupa dan bentuknya. Jadi, sebaiknya pilih yang sesuai dengan budget, kenyamanan ibu dan bayi serta keselamatan si kecil. Jangan sampai salah pilih ya.
Dan semua jenis gendongan anak di atas bisa anda dapatkan di Jd.id, salah satu marketplace Indonesia.

0 comments:

Post a Comment