Wednesday, 8 November 2017

6 Fakta Unik Dalam Prosesi Pernikahan Kahiyang Ayu Putri Jokowi

Prosesi pernikahan putri Presiden Indonesia, Joko Widodo kini menjadi sorotan dunia dimana putri kedia Presiden Joko Widodo melangsungkan pernikahan pada Rabu, 8 November 2017. Kabar mengenai prosesi pernikahan putri Jokowi tersebut terbilang menarik karena memiliki beberapa fakta menarik yang saat ini banyak diperbincangkan di berbagai media.

kahiyang ayu


Prosesi pernikahan Kahiyang Ayu sangatlah menarik karena Jokowi sendiri langsung turun tangan dalam memeriksa semua keperluan pernikahan putrinya. Berikut ini ada fakta-fakta unik yang terjadi dalam prosesi pernikahan Kahiyang Ayu.

Semua Tamu Diundang Dengan Diantar Becak
Salah satu hal menarik dalam proses pernikahan putri Jokowi adalah setiap tamu undangan nantinya akan diantar menggunakan becak. Menariknya pemkot Surakarta sudah menyediakan 50 becak yang nanti akan digunakan untuk mengantar para tamu undangan. Mengenai rute pengantaran dimulai dari lokasi parkir tamu hingga ke gedung tempat prosesi pernikahan berlangsung. 

Menko dan Wakil Presiden Menjadi Saksi Nikah
Ada hal menarik lainnya dalam proses pernikahan Kahiyang Ayu yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menko Darmin Nasution secara resmi diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi saksi. Permintaan Jokowi pada tanggal 31 Oktober lalu terbilang menarik karena secara langsung Presiden langsung mengirimkan undangan pernikahan sekaligus meminta keduanya menjadi saksi di proses pernikahan putrinya.

Suvenir Pernikahan Sangat Menarik
Dalam setiap acara pernikahan pasti membahas soal souvenir, khusus untuk acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo memiliki bentuk souvenir menarik berupa grafir kaca bermotif batik yang sudah dipesan sejak September lalu. Dari segi bentuknya terbilang unik karena memiliki motif batik yang diukir pada bagian atas hingga samping. Mengenai motif batik memiliki model Sidomulyo serta batik Bledak, bahkan ada sentuhan akhir di suvenirnya yakni kotak berwarna emas. 

Kahiyang Tidak Dipingit
Pada tradisi Jawa kebiasaan pingit bagi calon penganting wanita harus dilakukan. Akan tetapi pada pernikahan putri Jokowi kali ini tidak menggunakan tradisi tersebut. Meskipun dari proses pernikahan menggunakan tradisi Jawa, tetapi kebiasaan pingit bagi calon pengantin wanita tidak dijalankan oleh keluarga Joko Widodo. Bahkan Kahiyang Ayu masih diperbolehkan pergi kemana-mana dan mengirim undangan.

Gedung dan Katering Pernikahan Milik Pribadi
Menariknya dari segi tempat pernikahan kali ini diakukan pada gedung milik keluarga Jokowi sendiri. Bertempat di Graha Saba Buwana Solo pernikahan keluarga Jokowi dilangsungkan. Pada proses pernikahan sebelumnya yakni Gibran juga dilaksanakan pada gedung tersebut, sedangkan untuk kateringnya juga memakai usaha catering keluarga. 

5 Jasa Rias Pengantin Disewa Untuk dandani Kahiyang dan Bobby
Fakta unik lainnya pada prosesi pernikahan Kahiyang dan Bobby yakni dari jasa perias pengantin asli Solo yang mengunakan 5 jasa perias pengantin. Rata-rata untuk pesta pernikahan pada umumnya menggunakan 1 jasa make up khusus pengantin saja, akan tetapi pada pernikahan putri Jokowi memakai 5 orang perias yang secara khusus merias pernikahan Kahiyang. Kelima perias tersebut berasal dari Solo yakni Cony Supriyanto, Topobroto, Santi, Ny HS Sumaryono, dan Sawaliyah Waloeyo. 

Sangat unik dari berbagai persiapan pernikahan putri Jokowi, semoga semua ritual pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan mungkin bisa menginspirasi masyarakat mengenai prosesi pernikahan dari putri seorang Presiden.


0 comments:

Post a Comment