Friday, 22 September 2017

Investasi Emas untuk Jangka Pendek

Sudah bukan rahasia lagi jika emas merupakan benda berharga yang cocok dijadikan sebagai investasi. Hal ini karena harga emas dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Namun perlu diketahui jika emas yang cocok dijadikan sebagai investasi bukan emas perhiasan. Melainkan emas yang bentuknya masih batangan. Emas tidak hanya cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang saja. Tetapi sangat cocok dijadikan sebagai investasi dalam jangka waktu pendek. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan investasi emas tentunya harus memahami resiko keuntungan dan kerugian yang mungkin saja terjadi.

investasi emas


Karena merupakan alat investasi tentu saja ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya:

  • Emas mudah dicairkan menjadi uang terutama ketika sedang darurat. Sebab pencairan emas tidak harus dilakukan di bank. Dengan menjual investasi logam mulia ini, Anda sudah bisa mendapatkan uang dalam waktu singkat.
  • Investasi logam mulia emas tidak dikenakan pajak apapun. Berbeda dengan investasi jenis lain yang kadang dikenakan pajak tiap tahunnya.
  • Tidak ada batasan untuk berinvestasi dengan logam mulia ini. Sekecil apapun emas yang Anda beli tetap bisa dijadikan sebagai investasi. Namun biasanya jika ingin membeli emas batangan berat minimalnya 5 gram.

Itulah keuntungannya jika Anda memiliki bisnis atau investasi dengan logam mulia emas ini. Disamping keuntungan yang Anda dapatkan, tentu saja adan resiko kerugian yang bisa saja Anda alami.

Resiko kerugian yang mungkin bisa terjadi ketika berinvestasi dengan emas adalah seperti berikut:

  • Meskipun mengalami peningkatan harga tiap tahunnya, tapi tetap ada saatnya harga emas menurun. Ini perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi kerugian ketika Anda menjualnya.
  • Kurang cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Jika ingin investasi jangka panjang, lebih baik Anda pilih saja lahan ataupun rumah.
  • Menyimpan investasi emas batangan secara pribadi juga cukup beresiko. Untuk menghindari resiko hilang ataupun dicuri, lebih baik simpan saja pada bank.

Nah, itulah kerugian mungkin Anda dapatkan ketika berinvestasi lewat logam mulia eman. Apakah Anda sudah siap untuk menghadapi beberapa resiko kerugian tersebut?

Untuk menghindari berbagai resiko yang mungkin saja terjadi sebaiknya Anda jangan terburu-buru berinvestasi lewat logam mulia ini. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan secara matang. Misalnya saja tentukan tujuan Anda melakukan investasi ini. Apakah digunakan untuk jangka waktu panjang ataukah digunakan sebagai jangka waktu pendek. Jika memang digunakan untuk jangka pendek mungkin tidak masalah jika memilih logam mulia emas sebagai sarana berinvestasi.

Agar tidak dirugikan ketika membeli emas, lebih baik belilah ketika sedang turun harga. Untuk mengetahui harga emas turun atau tidak, Anda bisa memantau lewat internet. Hindari penjualan ketika harga sedang turun. Karena hal tersebut menyebabkan Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Selain itu hindari pembelian ketika harga emas sedang naik karena hal itu akan memaksa Anda untuk membeli emas dengan harga yang tinggi. Lebih baik gunakan kesempatan untuk menjual ketika harganya sedang naik.

Namun tak kalah penting dari semua itu adalah tentukan besar uang yang akan Anda gunakan untuk investasi logam mulia ini. Jika berat minimal emas logam yang dibutuhkan 5 gram, maka Anda harus menyiapkan uang sebesar itu. Tapi jangan khawatir karena investasi emas ini terus merangkak naik, modal yang Anda keluarkan bisa kembali dalam waktu yang lebih singkat. Mungkin dalam setahun saja harga tersebut sudah naik dan memberikan keuntungan bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment