Monday, 31 July 2017

Tips dan Trik Memilih Minyak Goreng yang Bagus untuk Kesehatan

Minyak adalah salah satu bahan utama yang dijadikan untuk memasak. Akan tetapi jangan sampai Anda salah melakukan pemilihan. Setiap jenis minyak mempunyai nutrisi yang dapat mempengaruhi kesehatan. Ketika berbelanja, konsumen bisa melihat deretan minyak yang berbeda, sebenarnya pemilihan minyak ini bisa membantu kondisi kesehatan termasuk mengendalikan kadar kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung. Ada beberapa tips dan trik untuk memilih minyak memasak ini.

minyak goreng


Pertama, minyak kelapa. Minyak ini mempunyai aroma yang sangat nikmat serta tahan lama pada suhu ruang sehingga banyak yang menggunakannya untuk memanggang kue atau jenis makanan lainnya. Minyak kelapa memiliki kandungan 90% lemak jenuh yang memiliki resiko meningkatkan LDL atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat, akibatnya resiko terkena penyakit seperti jantung akan lebih meningkat. Antioksidan dari minyak kelapa dipercaya sebagai pencegah pembentukan plak yang berada di dinding pembuluh darah. Dengan demikian antioksidan memiliki peran sebagai penjaga pembuluh darah agar tidak mengalami penyempitan. Walaupun demikian, Anda harus lebih cermat ketika memilih minyak kelapa karena minyak kelapa yang berada di pasaran sekarang melewati berbagai macam proses yang bisa merusak antioksidan serta zat bermanfaat lain.

Tips dan trik yang kedua ialah minyak sawit. Minyak sawit mempunyai kandungan asam palmitat yang termasuk dalam kategori asam lemak jenuh. Kandungan ini yang memiliki potensi meningkatkan kadar LDL serta semua jenis kolesterol. Walaupun demikian, efek pada penyakit cardiovascular masih menjadi perdebatan di dalam dunia medis. Disisi lain, minyak sawit diketahui mengandung asam oleat yang tergolong lemak tidak jenuh dan vitamin A untuk antioksidan. Vitamin E yang berada di kelapa sawit berguna untuk mencegah kerja enzim pembentukan kolesterol.

Ketiga, minyak kanola. Minyak kanola mempunyai kandungan yang rendah pada asam lemak jenuh. Kandungannya hanya sekitar 7%. Minyak ini sangat tinggi kandungan asam lemak jenuhnya, senyawa vitamin E dan zat lain bisa dipercaya sebagai pelindung jantung. Penelitian pada pola makan dengan minyak ini kadar kolesterol bisa diturunkan dibandingkan dengan pengonsumsian minyak yang lebih tinggi asam jenuhnya.

Terakhir ada minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai 5 hingga 10 kali lebih banyak lemak sehat yang dibutuhkan dibandingkan dengan minyak kelapa. Lemak sehat ini termasuk rantai ganda asam lemak tak jenuh. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan kemampuan dari minyak zaitun yang dapat menekan kadar LDL sebagai sebab kolesterol buruk. Memperbaiki hiperlipidemia dan mencegah hipertensi yang berdasarkan studi. Konsumsi minyak zaitun dengan teratur juga dapat mencegah stroke. Tidak hanya mencegah cardiovascular, minyak zaitun juga dipercaya membantu mengatasi kondisi lain untuk menekan resiko penyakit kanker payudara. Minyak ini memiliki kemungkinan mendukung kesehatan mental serta menekan depresi mencegah perkembangan Alzheimer. Untuk memperoleh banyak manfaat minyak zaitun ini sangat dianjurkan mengkonsumsi 2 sendok makan setiap hari. Anda dapat menambahkan minyak zaitun untuk menumis makanan, memoles daging sebagai pengganti mentega.

Bagaimana, sudah mengetahui bukan tips dan trik memilih minyak? Bila dilihat kandungannya yang paling unggul, minyak zaitun memang berada di posisi utama, namun harganya yang mahal mungkin membuat kita berpikiran ulang membelinya. Jika Anda ingin tetap sehat, gunakan minyak sesuai dengan aturan, jika minyak sudah berubah warna menjadi kecoklatan, lebih baik Anda menggantinya dengan menggunakan minyak yang baru. Semua demi kesehatan Anda, karena lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati.

0 comments:

Post a Comment