Monday, 24 July 2017

Panduan Liburan Musim Panas yang Greget, Tapi Minim Bujet


liburan musim panas
Foto: shutterstock

Musim panas sudah di depan mata. Kenapa musim panas selalu jadi pilihan waktu yang paling disukai untuk liburan? Memang, sebagian besar orang melakukan liburan saat musim panas. Terutama masyarakat Eropa yang memang selalu menantikan musim panas setiap tahunnya. Semua karena di musim panas, kita tidak perlu mengkhawatirkan halangan akan turunnya hujan.

Melangkah kemana pun jadi lebih fleksibel karena di musim panas pakaian dan perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak ribet. Cuaca selama musim panas juga cukup bersahabat, sehingga meminimalisir kita untuk jatuh sakit seperti di musim dingin atau pun musim hujan.

Nah, setelah melihat alasan mengapa musim panas digemari jadi semakin tahu kan kenapa tempat wisata selalu ramai dan dipadati pengunjung yang lebih banyak. Musim panas ini juga biasa disebut peak season atau pun high season yang berlangsung dari awal bulan Juni hingga akhir bulan Agustus.

Untuk itu, diperlukan persiapan yang cukup matang untuk menikmati liburan sepenuhnya selama musim ini. Akan melakukan perjalanan traveling di musim panas ini? Baiknya simak dulu panduan yang diulas berikut.




1. Pilih tanggal

Memilih tanggal merupakan faktor terpenting dan paling berpengaruh saat membuat rencana liburan. Jika kamu adalah pelancong yang menggunakan gaya backpacker yang low budget, tentu kamu menginginkan harga yang murah untuk akomodasi dan tiket pesawat.

Usahakan sebisa mungkin untuk memilih tanggal yang jauh dari long weekend. Memang, long weekend ini adalah kesempatan emas terutama bagi kamu yang merupakan karyawan dan sulit untuk mengajukan izin cuti. Namun, ketahuilah kalau semua harga akan melonjak naik di tanggal seperti ini.

Pilih tanggal yang berjarak satu minggu setelah atau pun sebelum long weekend itu terjadi. Pilih juga tanggal keberangkatan yang tidak populer di mana banyak tiket murah seperti hari Selasa atau pun hari Rabu.

Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir akan harga tiket yang mahal kalau kamu memanfaatkan tiket promo batik air.




2. Tentukan destinasi

Mau wisata gunung? Wisata pantai? Mungkin wisata tengah kota atau city tour? Tentukan destinasi dari awal membuat rencana perjalanan. Ini juga biasanya terjadi bahkan sebelum menentukan perjalanan.

Jelas saja, destinasi yang menarik dan mungkin kamu lihat di sosial media atau sumber lain bisa jadi ide brilian yang muncul begitu saja sesaat setelah kamu melihatnya. Atau memang, rencana liburan itu sudah kamu rencanakan sejak lama karena itu adalah negara impian.

Ini juga yang jadi salah satu alasan kuat mengapa orang cenderung memilih waktu berlibur di musim panas. Karena saat musim panas kita tidak perlu pusing memikirkan destinasi yang cocok. Hampir semua tempat cocok untuk liburan musim panas dan minim risiko sakit atau cuaca buruk yang melanda.

Tentukan destinasi yang sekiranya membuat kamu nyaman dengan liburan kamu dan juga pas dengan gaya liburan serta bujet kamu. Kalau memang destinasi yang kamu pilih cukup mahal. Kamu bisa mengakalinya dengan mengikuti open trip atau pun melakukan budget traveling dengan beberapa teman. Tujuannya adalah supaya kamu bisa membagi beberapa biaya akomodasi seperti kamar hotel dan juga penyewaan kendaraan supaya jadi lebih murah.




3. Resapi perjalanan sepenuhnya

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau liburan musim panas adalah suasana liburan yang sesungguhnya. Di mana-mana ramai, di mana- mana mahal. Nah, karena ini juga banyak yang merasa kalau liburan di saat musim panas jadi tidak terasa momen liburannya.

Namun, itu semua sebaiknya dikembalikan lagi ke pribadi kamu, seperti apa kamu menikmati sebuah momen liburan. Sebisa mungkin kamu menyesuaikan hal itu di sepanjang perjalanan untuk liburan yang lebih senang.

Pada dasarnya, liburan bukanlah persoalan senang-senang melulu, tapi juga melakukan perjalanan kembali mencari jati diri. Tanpa kamu sadari ada banyak sekali hal yang tersirat di dalam sebuah perjalanan liburan. Ada pelajaran yang pasti tersimpan setiap persimpangan jalan yang kamu temukan.

Karena itu, kamu perlu untuk menikmati perjalanan sepenuhnya dan segera singkirkan rasa sedih akibat kesulitan yang didapat. Kalau sudah begitu, kamu tidak perlu liburan serba wah. Selama kamu menikmati dan meresapi, perjalanan dengan bujet murah pun akan terasa mewah.




Sekarang, sudah tau kan bagaimana panduan melakukan liburan greget namun dengan minim bujet. Selain melakukan hal di atas ada satu yang harus kamu perhatikan sejak awal kamu merencanakan untuk melakukan perjalanan liburan. Ya, itu adalah tiket pesawat. Manfaatkan berbagai promo yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jangan lupa juga untuk selalu membandingkan harga tiket demi mendapat tiket termurah. Nah, kamu bisa mencari dan mendapatkan tiket pesawat yang murah di situs booking online ternama Reservasi.com.








0 comments:

Post a Comment