Monday, 19 June 2017

Harga Televisi Masa Kini dan Perbandingan Masing-masing Keunggulannya

Meski TV tabung yang sudah puluhan tahun menjadi perangkat elektronik yang menemani keluarga, namun mesti diakui bahwa eranya akan segera berakhir dalam beberapa waktu mendatang. Standar baru yaitu siaran digital saat ini sedang memasuki babak uji coba di Jakarta dan nantinya akan menyusul di kota-kota lain di seluruh di Indonesia sehingga memicu pergeseran penggunaan perangkat televisi digital seperti LCD TV, Plasma TV dan LED TV. Tak ayal menimbulkan pertanyaan, berapa harga televisi tersebut, apa perbedaannya dan apa keunggulan dan kekurangannya.


Yang pasti dan jelas adalah keunggulan yang diberikan membuat popularitas televisi-televisi tersebut ikut melambung. Di antaranya adalah ukuran yang tipis, bobot yang ringan serta dapat ditempel pada tembok. Ukuran layar monitor yang cenderung besar juga turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Tak ketinggalan juga, fitur hemat listrik yang dibenamkan di dalamnya membuat televisi-televisi ini kian hari kian digemari oleh masyarakat. Mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis televisi modern masa kini tersebut:


  • LCD TV.
LCD TV merupakan jenis televisi yang lebih dahulu muncul di pasaran dan mulai mengalami penurunan popularitas sejak kemunculan Plasma TV. Namun meski demikian, pada perkembangan LCD TV selanjutnya muncul dengan harga yang terjangkau dengan beragam kemajuan teknis yang menyertainya seperti HDTV dan FULL HD TV, sehingga membuat banyak orang kembali memilih LCD TV. Keunggulan dari televisi ini antara lain adalah dapat menghasilkan warna yang lebih nyata/realistis, memiliki teknologi anti-glare (tanpa bayangan), tersedia dalam berbagai ukuran mulai kecil sampai besar, dapat digunakan juga sebagai monitor PC desktop dan konsumsi listriknya lebih rendah.


Meski demikian, LCD TV juga ada kelemahannya. Kelemahannya antara lain; kualitas gambar jadi menurun jika dilihat dalam sudut pandang lebar, untuk harga televisi LCD ukuran besar bisa lebih mahal daripada Plasma TV serta response time dan refresh rate yang lebih rendah daripada TV Plasma kadang menghasilkan gambar yang agak kabur.


  • Plasma TV. 
TV Plasma atau Plasma Panel Display (PDP) TV merupakan salah satu teknologi TV layar datar yang memiliki keunggulan seperti dapat menghasilkan warna hitam yang jauh lebih baik daripada TV LCD, contract rasio juga tinggi yaitu 1 : 2.000.000, sudut pandang lebih lebar, serta response time dan refresh rate yang cepat sehingga dapat meminimalisir gambar yang kabur. Sedangkan kelemahannya antara lain: dapat menimbulkan gambar berbayang dan burn-in pada tampilan gambar diam yang lama, kualitas gambar yang dapat menurun seiring penggunaan yang lama, lebih berat dan memakan daya listrik lebih besar daripada T V LCD, serta ukuran umum dari jenis Plasma TV ini tidak ada yang di bawah 42 inch sehingga harganya pun juga cukup mahal.


  • LED TV.
Jenis TV yang muncul belakangan ini dan berhasil menyita perhatian pasar adalah jenis LED TV dimana TV ini menggunakan teknologi LED Backlight sebagai gantinya cahaya fluorescent pada jenis TV layar datar sebelumnya. Kelebihan dari LED TV antara lain; tingkat kontras yang jauh lebih tinggi daripada jenis LCD dan Plasma, lebih ramah lingkungan serta konsumsi listrik yang lebih rendah kurang lebih 20-30% daripada LCD TV. Satu-satunya kelemahan dari LED TV adalah harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga televisi LCD konvensional setidaknya 20% untuk jenis LED TV yang termurah.




0 comments:

Post a Comment