Friday, 12 May 2017

Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa Jurusan Desain

Tidak hanya ibu rumah tangga saja yang sekarang ini gemar menggeluti usaha sampingan. Para mahasiswa jurusan desain ternyata juga demikian. Dengan membuka usaha sampingan diharapkan mereka bisa mendapatkan uang saku tambahan. Karena jurusan kuliah yang dipelajari adalah desain tentu saja bisnis rumahan yang mereka kembangkan masih seputar desain. Meskipun hanya berbisnis seputar desain, ternyata jika ditekuni bisa mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Lantas apa saja contoh bisnis seputar desain? Berikut adalah ulasannya.

graphic desain

Usaha desain

Usaha desain sekarang ini memang sedang berkembang pesat di Indonesia. Ada banyak jenis usaha desain yang saat ini bisa dikembangkan oleh mahasiswa. Misalnya saja desain undangan pernikahan, pamflet, MMT dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara pemasaran bisnis desain ini ternyata juga tak sulit. Cukup lewat internet ataupun website yang Anda buat sudah cukup membantu untuk membuat bisnis ini berkembang. Tapi berkembang atau tidaknya bisnis desain ini juga bergantung pada kemahiran Anda dalam membuat desain terbaik.

Edit foto

Edit foto memang terlihat sesuatu yang remeh bahkan hampir semua orang bisa melakukannya. Namun jika ingin mendapatkan hasil editan yang terbaik tentu saja harus menggunakan jasa edit foto. Nah, disinilah peluang bagus yang bisa Anda kembangkan yakni dengan membuka jasa edit foto. Namun untuk sukses dalam bisnis rumahan bidang desain ini Anda harus memiliki berbagai kemampuan. Misalnya:

  • Mampu mempercantik foto dengan berbagai efek.
  • Mahir dalam menggunakan software editing foto.
  • Sebaiknya Anda juga harus mahir dalam membuat vektor ataupun karikatur. Apalagi sekarang ini banyak orang yang suka dengan karya foto ini.

Itulah berbagai kemampuan yang harus Anda miliki jika memang ingin menggeluti usaha desain dalam bidang edit foto.

Membuka percetakan

Jika ingin tantangan yang lebih besar lagi, coba saja membuka usaha percetakan. Usaha percetakan ini tentu saja berbeda-beda jenisnya. Ada percetakan undangan, percetakan MMT atau bahkan percetakan kaos. Tentunya Anda bisa memilih salah satunya yang paling sesuai dengan passion. Namun, resiko membuka percetakan tentu saja membutuhkan modal yang besar untuk membeli alat cetak. Namun dari ketiga jenis percetakan tersebut yang butuh modal kecil adalah percetakan kaos. Mengingat alat sablon yang digunakan berharga terjangkau.

Itulah berbagai contoh bisnis sampingan yang bisa dijalankan oleh mahasiswa desain saja. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa dijalankan oleh orang lain yang memang hobi dengan desain. Seperti yang sudah dikatakan, agar bisnis tersebut laku keras maka Anda harus memasarkannya dengan cara online juga. Cara memasarkan produk desain secara online adalah seperti berikut:

  • Pasarkan melalui berbagai macam metode yakni lewat website, sosial media dan marketplace.
  • Berikan promo supaya pelanggan lebih tertarik untuk membelinya.
  • Berikan kualitas desain terbaik kepada pelanggan sebab dengan cara ini pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli kembali produk desain yang dijajakan.

Menjajakan produk desain secara online mungkin cocok sekali bagi Anda yang punya modal minim. Tapi bagi Anda yang sudah punya modal banyak disarankan untuk menjajakannya juga secara offline atau dengan membuka toko secara langsung. Namun jika masih ragu membuka usaha offline lebih baik kembangkan bisnis rumahan ini dengan cara online terlebih dahulu. Asalkan produk desain yang Anda berikan berkualitas maka pelanggan bisa didapatkan lewat sistem bisnis online. Nah, bagi Anda mahasiswa desain ataupun yang berhobi desain segera saja kembangkan bisnis sampingan ini.

0 comments:

Post a Comment