Sunday, 28 May 2017

4 Tips Menarik Menikmati Berkebun Meski Halaman Sempit

Memiliki hobi berkebun terkadang harus berhadapan dengan masalah lahan tempat tinggal yang terlalu sempit. Alhasil hobi yang disukai ini pun perlu di urungkan untuk dinikmati kembali, namun ada beberapa tips menarik untuk membantu tetap menikmatinya. Berkebun dewasa ini tidak harus dilakukan di lahan yang luas sebab pekarangan yang sempit asal tahu caranya. Bisa menjadi lahan potensial untuk menanam beragam sayuran sampai tanaman hias yang tumbuh subur dan terlihat cantik. 

berkebun


Alternatif Unik Berkebun di Pekarangan Sempit

Mayoritas masyarakat yang tinggal di perkotaan terutama kota besar menghadapi masalah sisa lahan hunian yang terlalu sempit. Alhasil hanya beberapa jenis tanaman saja yang bisa ditanam dan itupun hanya berfungsi sebagai penghias halaman. Lebih parah lagi bagi yang tinggal di apartemen yang biasanya tidak memiliki halaman seinchi-pun. Namun, ada beberapa teknik berkebun yang bisa menjadi alternatif tetap berkebun meski halaman sempit atau memang tidak memilikinya.

Bagi yang selama ini mencintai kegiatan berkebun namun mendapati lahan yang kecil atau nyaris tidak ada, maka bisa mencoba beberapa alternatif atau teknik unik berikut:

  1. Memanfaatkan balkon apartemen,
Khusus yang tinggal di apartemen memang tidak memiliki halaman akan tetapi memiliki balkon, dan biasanya tersedia dalam luas yang lumayan. Manfaatkan balkon untuk meletakan beberapa pot kemudian ditanami beberapa bibit tanaman bunga maupun sayuran seperti tomat. Kini Kita bisa tetap berkebun meski tak punya halaman.

  1. Berkebun di botol bekas,
Botol bekas bisa Kita daur ulang sendiri menjadi pot, Kita bisa membuatnya bersusun antara satu botol dengan botol lainnya. Hubungkan dengan kawat ataupun talikur, sehingga bisa diletakan di depan rumah membentuk tirai berisi tanaman cantik. Berkebun dengan botol bekas bisa memanfaatkan media tanah ataupun media air, atau hidroponik. Selain di gantung, ada tips menarik lain yakni menempatkannya menempel di dinding rumah.

  1. Berkebun di dinding rumah atau vertical garden,
Sempitnya lahan bagi mereka yang kreatif tidak akan menghalangi keinginan untuk tetap bisa berkebun, sebab bisa mencoba metode vertical garden, yakni berkebun di dinding. Caranya, Kita menempelkan kantong polyester ataupun memakai kaleng bekas yang diisi dengan media tanam, bisa tanah, arang, dan sebagainya. Kemudian meletakan beberapa jenis tanaman sehingga membentuk dinding hijau dan akan penuh warna jika menanam tanaman berbunga. Lebih cocok untuk tanaman merambat atau tanaman kaktus mini.

  1. Bertanam menggunakan pipa pralon,
Pipa pralon memiliki bentuk silinder dan memanjang sehingga bisa diubah menjadi media tanam ideal, baik dengan sistem hidroponik maupun dengan tanah. Kita bisa meletakkannya secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Mulailah membuat lubang untuk menempatkan beberapa jenis tanaman, siram teratur kecuali sistem hidroponik. Jika dirawat dengan telaten maka tanaman akan tumbuh subur dan beberapa sayuran bisa untuk kebutuhan konsumsi keluarga yang sehat.

Berkebun di lahan yang sempit memang idealnya menerapkan sistem hidroponik sehingga tidak memerlukan tanah terlalu banyak. Selain itu sistem hidroponik akan menghasilkan tanaman yang sehat terutama untuk beberapa jenis sayuran. Sehingga membantu berhemat tidak perlu berbelanja untuk tanaman yang bisa dipanen sendiri. Misalnya cabe, bawang merah, kale, bayam, dan beberapa jenis tanaman lain yang memang mampu tumbuh dengan baik lewat sistem tanam dengan media air. Ada banyak tips menarik untuk menjadikan hunian hijau dan sehat meski halaman langka.

0 comments:

Post a Comment