Tuesday, 7 February 2017

Trik Membeli Sepeda Listrik dengan Cermat

Alat transportasi menjadi salah satu item penting dalam melakukan aktivitas harian. Bus, mobil dan motor menjadi pilihan sebagian besar orang untuk melalui jalanan. Namun dengan semakin berkurangnya kualitas udara di kota-kota besar, maka beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan sepeda sebagai moda transportasi pilihan. Bagi mereka yang menginginkan sepeda namun tidak perlu susah payah menggenjot, maka sepeda listrik bisa jadi pilihan.

sepeda listrik


Dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan juga pabrik, maka semakin meningkat pula polusi yang ada di udara. Polusi udara inilah yang meningkatkan suhu udara menjadi lebih panas sehingga mengakibatkan pemanasan global atau yang disebut global warming. Salah satu jalan untuk mengurangi pemanasan global adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang dapat mengotori udara.

Demi mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan namun berusaha tetap peduli lingkungan, sepeda dengan motor listrik bisa menjadi pilihan. Sepeda ini dibekali komponen sedemikian rupa sehingga Anda tetap bisa menjalankan tanpa perlu menggenjotnya. Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka beberapa tips ini bisa Anda jadikan pertimbangan, diantaranya:

  1. Anggaran
Menentukan anggaran adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Dengan memiliki budget jelas, maka Anda bisa memilih sepeda dengan lebih terkontrol. Jangan membeli di luar anggaran yang Anda buat sendiri karena bisa mempengaruhi neraca keuangan Anda secara keseluruhan. Sepeda listrik ini dibanderol dengan harga yang tidak murah, untuk itu pikirkan untuk menabung lebih awal demi kemudahan dan kenyamanan yang bisa Anda rasakan di sepeda ini. Selain itu mengetahui harga pasaran untuk tipe dan juga merk sepeda menjadi langkah selanjutnya agar Anda tidak mendapatkan harga yang lebih mahal dan dapat menegosiasikan harga dengan penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Gaya bersepeda
Saat ini banyak jenis sepeda telah tersebar di pasaran, seperti sepeda gunung, sepeda balapan dan lain-lain. Mengetahui gaya bersepeda serta medan yang akan Anda lalui dengan sepeda tersebut juga hal yang penting. Sepeda dengan tenaga listrik ini tidak cukup kuat untuk jalan terjal serta tanjakan yang cukup menukik. Sepeda ini lebih cocok digunakan untuk melintasi jalan rata dan lurus seperti jalan-jalan di perkotaan. Jika lingkungan Anda memiliki banyak medan terjal dan menantang, maka memilih sepeda ini tidak disarankan karena tidak cukup kuat untuk melaluinya.

  1. Komponen
Ketahuilah beberapa komponen penting yang ada pada sepeda agar Anda lebih bijak dalam memilih. Ban, bahan rangka sepeda, setang dan juga baterai adalah beberapa komponen penting yang harus Anda pertimbangkan. Ketahui juga bagaimana perawatan sepeda pilihan anda dengan bertanya kepada sang penjual.

  1. Test ride
Sebelum deal dengan transaksi, sebaiknya cobalah sepeda tersebut agar Anda tahu seberapa nyaman sepeda tersebut untuk Anda pakai. Perhatikan ukuran dan juga tinggi sepeda. Pastikan ukuran tinggi sepeda tidak lebih tinggi dari pijakan kaki Anda.

Itulah beberapa tips sebelum Anda memutuskan untuk membeli sepeda listrik. Perawatan yang harus dilakukan pada sepeda ini tentu juga berbeda dari sepeda biasa, maka ketahui juga cara perawatannya secara tepat dan benar. Perawatan yang benar akan menjadikan sepeda Anda awet dan tahan lama. Jangan lupa untuk mengisi baterai sepeda ini begitu daya sudah hampir habis. Jangan sampai mengisi saat daya benar-benar habis karena hal tersebut bisa mempercepat kerusakan pada baterai.


0 comments:

Post a Comment