Saturday, 11 February 2017

7 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memilih Smartphone Baru




Saat ini smartphone bukan lagi sebuah barang yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Hampir setiap minggu produsen smartphone mengeluarkan berbagai macam tipe produk mulai dari harga ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

Tapi tetap saja kita tidak bisa sembarangan memilih smartphone yang akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih smartphone. 

Operating System



Operating System atau OS bisa dibilang sebagai rumah dari smartphone. Sebelum kamu mengisinya dengan perabotan (aplikasi maksudnya), pastikan rumah yang dipilih memang cocok dengan selera kamu.

Dua OS paling populer saat ini ialah Android dan iOS, masing-masing memiliki pro dan kontranya. Nah, bila kamu mencari smartphone yang pilihan aplikasinya paling banyak dan kemampuan kostumisasinya paling fleksibel, maka Android jawabannya. iOS cocok buat mereka yang ingin pengalaman smartphone yang simpel.

Salah satu alasan saya sendiri senang dengan Android ialah banyaknya pilihan smartphone untuk dipilih. Kalau iOS ya cuma iPhone. Kalau Android, bisa dari berbagai merek lokal dan internasional.

Otak Smartphone

 
Prosesor dan RAM adalah bagian mesin utama yang wajib kamu perhatikan. Semakin hebat prosesor dan semakin besar ukuran RAM, maka jumlah kegiatan yang kamu lakukan di smartphone akan terasa lebih gesit.

Minimal spesifikasi yang kamu butuhkan ialah smartphone Android dengan RAM 1 GB dan prosesor quad-core 1.3 GHz. Itu sudah cukup untuk bermain game dan asik ngerumpi di media sosial.

Kamera

Bagian ini sangat penting bagi yang membutuhkan smartphone dengan tujuan untuk berbagi banyak foto di akun media sosial. Pastikan smartphone yang kamu pilih memiliki kemampuan kamera belakang dan depan yang mumpuni.

Ukuran megapiksel kamera bisa jadi salah satu patokan, semakin besar biasanya semakin baik. Megapiksel kamera menunjukkan berapa besar resolusi gambar yang ditangkap. Nah, aperture kamera juga bisa kamu tanyakan (yang ditunjukkan dengan angka F/2.0 contohnya), semakin kecil angkanya semakin besar kemampuannya menangkap cahaya.

Selain itu, masih ada hal lain yang bisa dipertimbangkan seperti jenis lensa kamera, fitur tambahan seperti Optical Image Stabilization (OIS), ataupun mode filter kamera bawaan dalam smartphone. Butuh ketekunan untuk membandingkan hasil jepretan foto yang satu dengan lainnya.

Baterai

Paling sebal kalau lagi asik chatting di luar rumah, eh ternyata baterai sudah sekarat. Daripada harus membawa powerbank kemana-mana, kamu sebaiknya lebih sigap memilih smartphone yang daya baterainya tidak terlalu kecil, minimal 2450 mAh.

Daya sebesar itu sebenarnya cukup untuk digunakan sehari-hari dalam wilayah yang memiliki jaringan telepon yang normal. Tapi bila kamu sering bepergian, ada baiknya kamu memilih smartphone dengan daya baterai yang lebih besar. Beberapa smartphone memiliki daya diatas 4500 mAh, yang dirancang khusus untuk penggunaan yang lebih lama.

Jaringan

Periksa juga smartphone yang akan kamu beli mendukung akses jaringan apa saja. Provider seluler di Indonesia saat ini sudah memberikan layanan jaringan dari 3G hingga 4G LTE. Kalau ingin supaya smartphone kamu tetap relevan di masa depan, sebaiknya pilih yang sudah bisa 4G.

Lebih kece kalau kamu bisa mendapatkan smartphone yang mendukung 4G LTE dan dual-SIM, supaya kalau ada promo operator baru bisa gampang ganti-gantinya hehehe.

Layar dan Desain

Jaman sekarang, semua desain smartphone terus tampil lebih cantik. Smartphone dengan harga satu jutaan rupiah pun sudah hadir dengan bodi yang ramping serta tampilan layar yang jernih.

Nah, kalau ada harga ya ada barang. Bila kamu bisa mengocek uang lebih tinggi, smartphone premium biasanya dibalut dengan material besi (tapi jadi lebih berat deh) serta lebih ramping lagi bodinya. Resolusi layarnya pun jadi semakin tajam.

Saran saya sih, paling tidak kamu fokus ke layar dahulu. Carilah minimal yang layarnya sudah HD (720p), dan kalau bisa sudah mengusung teknologi IPS. Layar HD artinya tampilan gambar sudah sangat jernih, dan berkat teknologi IPS, pengalaman melihat layar kaca smartphone dari berbagai sudut tetap maksimal.


Service Center


Nah, terkadang orang yang membeli smartphone lupa untuk memastikan hal ini ketika membeli sebuah smartphone. Service center merupakan salah satu aspek penting karena kita tidak pernah tahu apakah smartphone yang kita beli benar-benar bebas kerusakan atau tidak.

Coba dicek dahulu apakah brand smartphone yang ingin dibeli sudah memiliki jangkauan service center yang baik di tempat tinggalmu. Tidak jarang sejumlah merek smartphone hanya menyediakan servis di kota-kota besar saja, dan ketika memperbaiki bagian yang rusak harus menunggu spare part dari distributor luar negeri. Bikin kesal kan?



Hal diatas bisa menjadi sebuah pertimbangan buat kamu bila kamu akan memilih smartphone untuk kegiatan kamu sehari-hari. Nah, buat kamu yang ingin membeli smartphone tapi masih kesulitan untuk menentukan smartphone yang kira-kira bakal cocok untuk kamu, kini sudah banyak produksi smartphone lokal dengan kualitas super, lho. Salah satu yang boleh kamu coba adalah smartphone EVERCOSS.

Coba deh dicek smartphone terbaru EVERCOSS yang baru saja diluncurkan bulan Februari 2017 ini, namanya EVERCOSS Winner Y Smart! Secara spesifikasi, smartphone ini sudah mencentang semua bagian yang kamu butuhkan seperti layar HD IPS, OS Marshmallow, serta prosesor dan RAM yang oke.

Tapi yang paling kerennya ya, EVERCOSS Winner Y Smart sudah mendukung koneksi 4G LTE untuk dua slot kartu SIM, dan bisa digunakan untuk semua jenis operator lho! Beneran, operator apapun yang kamu pakai seperti Smartfren, Bolt, Telkomsel, semuanya cocok di Winner Y Smart.

Dan harganya sih juara: Rp 999.000 saja! Coba cek link yang saya berikan di atas. Semoga artikel ini membantu.





0 comments:

Post a Comment