Monday, 27 February 2017

Harga Sepeda Gunung Berdasarkan Jenisnya

Berbicara mengenai sepeda, meskipun tergolong sebagai alat transportasi tradisional, kenyataannya masih banyak yang menggunakannya hingga saat ini. Bukan hanya sebagai sarana transportasi, melainkan lebih untuk menunjang hobby atau olahraga. Ada cukup banyak jenis yang baru-baru ini hadir ke pasaran, diantaranya ada sepeda listrik yang bekerja dengan tenaga listrik, tanpa harus dikayuh. Namun seri-seri tersebut belum terlalu populer. Kebanyakan masyarakat masih menggunakan jenis lama, sebut saja diantaranya adalah sepeda gunung, harga sepeda gunung ini dari tahun ke tahun terus saja meningkat.

harga sepeda
 

Sejalan dengan hal tersebut memang ada banyak sekali fitur-fitur baru yang disematkan pada produk tersebut. Paling tidak Anda memang bisa menjalankan hobby dengan nyaman menggunakan sarana transportasi yang satu ini. Beberapa diantara Anda mungkin banyak yang tak bisa membedakan mana sepeda gunung dengan sepeda on road biasa. Karena jika dilihat-lihat sebenarnya tampilan atau karakteristik hampir sama. Agar tak salah pilih maka sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa ciri dari sepeda gunung ini, yaitu:

  1. Didesain dengan dinamis juga memiliki bobot ringan, ciri utama dari sepeda gung adalah dalam hal bobot, meskipun terlihat cukup besar, namun bahan-bahan yng disematkan didalamnya memiliki bobot yang ringan. Sepeda yang satu ini juga memiliki desain dinamis dapat disesuaikan dengan ukuran pengguna.
  2. Bahan rangka khusus hanya dibuat dari baja, alumunium dan juga serat karbon komposit. Sehingga meskipun dikatakan ringan namun jangan khawatir karena sebenarnya sepeda ini dibuat dengan bahan-bahan yang kuat, jadi tak akan mudah patah, pada bagian rangka vital nya.
  3. Sepeda gunung juga dibekali dengan peredam guncangan, bagian yang juga dikenal dengan shock breaker, ia sangat bermanfaat digunakan untuk medan-medan yang terjal atau off-road. Sehingga Anda bisa tetap nyaman selama mengendarainya.
  4. Ban yang digunakan memiliki alur kotak-kotak. Banyak yang populer dengan nama ban tahu, jenis yang berfungsi untuk meredam guncangan dari benda-benda terjal bahkan juga tajam, sehingga tak akan mudah bocor ketika dipakai dalam perjalanan Anda.
  5. Gear yang dipasangkan dalam sepeda ini mulai dari 18 hingga 30, jumlah yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan ketika mengayuh sepeda tersebut.

Untuk kategori harga sepeda yang satu ini dibagi atas beberapa jenis lagi, diantaranya adalah:

  1. Cross country, untuk jenis sepeda yang satu ini digunakan untuk menjelajah medan yang tak terlalu ekstrim, namun tetap bisa untuk off road. Ada yang dibekali dengan suspensi depan namun juga ada yang tidak dibekali dengan suspensi depan.
  2. All mountain, untuk jenis all mountain cocok dipakai bagi Anda yang gemar bersepeda naik juga dengan turun bukit, karena sistem downhill ini memang sudah dirancang dengan sepeda yang satu ini, melintasi medan yang berbatu tajam hingga memasuki kawasan hutan bukan masalah.
  3. Free ride, ia sudah dirancang dengan bobot yang ringan sehingga mampu menghasilkan lompatan yang tinggi. Tak jarang sepeda tersebut juga hanya dipakai pada kebutuhan-kebutuhan khusus yaitu untuk atraksi atau free style.
  4. Dirt jump, umumnya digunakan oleh anak muda untuk ke sekolah, bisa juga digunakan untuk beberapa jenis atraksi seperti halnya menggunakan sepeda BMX.
  5. Downhill, jenis khusus yang dipakai untuk medan sangat ekstrim, suspensi nya ganda yang dirancang untuk bisa meredam guncangan yang hebat. Harga sepeda yang satu ini juga tergolong paling mahal dibandingkan sepeda gunung yang lain. Pilih yang tepat sesuai kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment