Monday, 27 February 2017

Efek Buruk Menghentikan Kewajiban Minum Susu Ibu Hamil

Setiap ibu hamil pasti mendapat beragam asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan janin. Banyak asupan nutrisi bisa didapat mulai dari makanan dan minuman, terkhusus dari minuman bisa berupa susu khusus ibu hamil. Akan tetapi banyak ibu hamil merasa ragu mengkonsumsi susu karena takut, alhasil kewajiban minum susu kehamilan ibu terpaksa dihentikan. 
 
 
minum susu kehamilan ibu
Kita tahu beragam produk susu ibu hamil salah satunya Lactamil memberi manfaat lebih untuk menutrisi janin beserta ibu agar proses kehamilan bisa berjalan normal. Tetapi tidak semua ibu hamil mau mengkonsumsi susu padahal sangat penting untuk mengkonsumsi susu setiap hari.
Ada beragam kerugian jika kewajiban minum susu kehamilan ibu dihentikan, maka dari itu kita akan ulas secara mendalam apa saja nutrisi yang bisa hilang bila berhenti minum susu ibu hamil.

Kalsium
Kondisi ibu hamil sangat membutuhkan asupan kalsium. Selain dari makanan, susu juga bisa mendukung asupan nutrisi kalsium. Rata-rata kebutuhan kalsium ibu hamil sebesar 1000mg sehari, maka dari itu jika berhenti konsumsi susu maka akan kehilangan kalsium sebesar 1000mg.

Protein
Bagi ibu hamil, asupan protein sangat penting untuk membentuk jaringan janin mulai dari otot sampai tulang. Setiap hari ibu hamil membutuhkan 60gram protein sehingga bisa ditambah dari asupan susu.

Vitamin D
Selain protein, asupan vitamin D juga penting untuk membantu proses pembentukan tulang dan sel jaringan pada janin.

Asam Folat
Dari asupan lainnya berupa asam folat juga penting untuk pembentukan organ di janin serta menghindari kecacatan tulang belakang dan menghindari gangguan pada otak janin. Konsumsi susu tertentu yang mengandung asam folat bisa jadi solusi pemenuhan asam folat untuk ibu hamil.

Kalori
Sebagai sumber energi, ibu hamil membutuhkan kalori dimana totalnya perhari bisa mencapai 2400kalori sehingga dalam satu gelas susu rata-rata mengandung 150 kalori.

DHA dan AHA
Bagi ibu hamil masih membutuhkan nutrisi berupa DHA dan AHA yang mampu menyusun komponen sel otak dalam janin kemudian mempersiapkan ASI dengan lebih baik. Bahkan dari total perhari nutrisi DHA dan AHA bisa mencapai 9gram.

Nutrisi Lainnya
Masih terdapat beberapa nutrisi lainnya dimana berupa fosfor, vitamin A, dan fosfor serta yodium untuk mendukung tumbuh kembang janin serta mendukung nutrisi bagi ibu hamil.
Maka dari itu kewajiban minum susu kehamilan ibu harus terus dilakukan hingga menjelang kehamilan. Pilih jenis susu sesuai umur janin agar nutrisinya bisa terserap maksimal.

0 comments:

Post a Comment