Monday, 30 January 2017

Manfaat Inisiasi Menyusui Dini Ala Zwitsal

Setiap ibu hamil pasti memikirkan bagaimana cara menyusui si bayi secara teratur. Namun terlepas dari cara menyusui, ternyata ada satu metode penting untuk ibu hamil yakni Inisiasi Menyusui Dini atau sering disingkat IMD.  Proses menyusui secara dini tersebut dilakukan dengan cepat setelah si bayi lahir dan pada bagian tali pusatnya sudah terpotong. 
inisiasi menyusui

Banyak ibu melakuakn Inisiasi Menyusui Dini tersebut, namun masih belum mengerti apa saja keuntungan yang bisa didapatkan. Mengenai kebutuhan bayi kita bisa memberikan Switsal dengan beragam produk terbaiknya untuk memberi perlindungan kepada si bayi agar tidak mudah terkena infeksi.
Meski terlihat mudah,namun untuk melakukan IMD tersebut memerlukan konsulitas ke dokter kandungan serta memilih rumah sakit yang mendukung pemberian ASI secara eksklusif. Nah, bagi para ibu harus tahu apa saja keuntungan dari melakukan IMD, untuk lebih jelasnya kita langsung saja lihat apa saja manfaat dari IMD.
  1. Pemberian ASI dalam kurun waktu 6 bulan akan terasa lancar karena dari si bayi sendiri sudah dikondisikan lebih nyaman. Dari proses IMD tersebut juga memberikan keberhasilan lebih optimal sehingga wajib dilakukan oleh para ibu setelah melahirkan.
  2. Mengurangi resiko kematian bayi, memang dari manfaat satu ini cukup menarik karena IMD ternyata memberi manfaat untuk mencegah si bayi terkena hipotermi atau kedinginan karena bersentuhan dengan kulit ibu. Dari berbagai penelitian juga memberi kesimpulan bahwa angka kematian bayi dapat dikurangi dengan cara IMD sejak pertma kali setelah proses persalinan.
  3. Zat anti bodi si bayi bisa terbentuk dengan cepat. Dengan meminum ASI maka antibody dari bayi akan langsung aktif sehingga mampu mencegah berbagai macam infeksi ataupun serangan virus. Sangat menarik bila membahas dari keuntungan ke tiga yang mampu menghidarkan bayi dari serangan virus ataupun bakteri mematikan.
  4. Membantu mengurangi pendarahan ibu. Dari gerakan bayi bisa terlihat sangat pelan yakni merangkat untuk mencari puting susu. Dari proses mencari puting susu tersebut akan menekan bagian rahim sehingga mampu mengeluarkan hormone untuk menghentikan proses pendarahan ibu.
Masih banyak ibu belum mengerti apa itu Inisiasi Menyusui Dini atau IMD. Seharusnya dari dinas kesehatan atuapun masyarakat setempat mencari tahu apa saja keuntungan dan bagaimana cara menjalankan program IMD tersebut yang sampai sekarang sudah terbukti mengurangi resiko kematian bayi. Jadi bagi ibu hamil, sebelum melahirkan harus memulai konsultasi bersama dokter mengenai program IMD tersebut.

0 comments:

Post a Comment